6 Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Pemula

Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Pemula – Saat ini kamera memang memiliki banyak jenis, salah satunya adalah mirrorless. Banyak, pecinta fotografi yang ingin mengetahui rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula. Kamera mirrorless sendiri merupakan salah satu jenis kamera yang tidak memiliki cermin atau jendela bidik optik (OVF, optical viewfinder) seperti yang digunakan oleh DSLR yakni layar LCD atau EVF, electronic viewfinder, meskipun demikian hasil gambar tetap terlihat baik karena image sensor yang digunakan sama besar dengan yang DSLR. Lantas apa saja rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula?

Rekomendasi Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Hampir setiap merek kini telah memiliki jenis kamera ini, tak heran jika hal ini membuat banyak pecinta fotografi pemula bingung dan membutuhkan rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula ketika akan membeli. Meskipun memiliki mekanisme yang sama, namun setiap mirrorless tentu memiliki fungsinya masing-masing. Lalu jenis kamera mirrorless apa saja yang bagus digunakan oleh seorang pemula? Berikut beberapa rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Untuk Pemula 2018

Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Pemula

  1. Canon EOS M10

Canon EOS M10

Rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula yang satu ini memiliki fisik yang mungil dan menyerupai dengan kamera pocket. Kamera Canon EOS M10 hasilnya juga tidak kalah bagus dengan kamera DSLR Canon 700D atau 70D meskipun untuk pengoperasiannya sedikit lambat terlebih kalau digunakan untuk membidik gambar indoor yang pada umumnya tidak bisa fokus dan sering berubah-berubah. Namun, kamu akan mulai terbiasa jika kamu sering menggunakan kamera Canon. Kamera ini memiliki resolusi sekisar 18 MP yang dilengkapi dengan sensor sehingga hasilnya tidak akan jauh juga dengan EOS 550D yang dikeluarkan pada tahun 2010 lalu. Sedangkan untuk merekam gambar, kamera ini bisa digunakan untuk merekam gambar dengan resolusi 1080p.

  1. Olympus E-PL7

Olympus E PL7

Mungkin bagi yang sudah sering menggunakan kamera Olympus, cara pengoperasian rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula yang satu ini tidak jauh berbeda dengan E-M1. Namun, kamera Olympus E-PL7 memiliki sensor yang lebih kecil yakni 16 MP sehingga tampilan lensanya lebih kecil.  Sedangkan untuk LCD yang flip ke depan untuk selfie berputar ke bawah sehingga tidak akan merepotkan meskipun akan digunakan secara bersamaan menggunakan tripod.

  1. Panasonic GF8

Panasonic GF8

Panasonic GF8 ini hampir tidak berbeda dengan Olympic E-PL7 yang mana menggunakan beauty-selfie-centric. Namun yang membedakan dari rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula yang satu ini adalah Panasonic dikenal dengan merekam video dengan hasil yang lebih baik.

  1. FujiFilm X-A3

FujiFilm X A3

Bagi fotografer pro atau yang masih awam pasti tidak asing dengan Fujifilm. Kamera yang satu ini memiliki sensor dengan resolusi yang besar untuk level mirrorless. Sensor tersebut merupakan jenis konvensional yang dilengkapi dengan filter Array. Kamera ini memiliki bodi klasik dengan balutan kulit pada sisi kanan dan kirinya. Sedangkan untuk kontrol dial pada rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula ini sangat nyaman untuk digunakan sehingga sangat cocok untuk kamu yang fotografer pemula. Menariknya, pada bagian belakang didukung dengan layar LCD yang bisa ditekuk atau dilipat keatas untuk selfie.

  1. FujiFilm X-A10

FujiFilm X A10

Kamera ini memiliki kualitas yang baik meskipun tidak sebaik dengan FujiFilm X-A3. Namun, kamera ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni dan tidak jauh berbeda dengan varian X-A3. Bodi kamera yang menjadi salah satu rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula ini dirancang agar ergonomis ketika digunakan untuk selfie. Layarnya juga bisa ditekuk sehingga sangat pas ketika digunakan untuk selfi.

  1. Nikon IJ5

Nikon IJ5

Bagi kamu yang ingin mencoba mirrorless, tidak ada salahnya jika menggunakan kamera dari Nikon ini. Sebab, harganya yang lebih murah juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup mumpuni. Namun, sensor dari salah satu rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula ini berukuran lebih kecil dari sensor APS-C yang ada pada kamera lain. Desainnya yang kecil, meskipun demikian desainnya sangat ergonomis dan memiliki kontrol yang bagus sehingga akan lebih nyaman digunakan.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Untuk Pemula Terbaik

Nah, itulah ke enam rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula yang DIYKamera rasa sangat cocok. Tentunya dari ke enam kamera mirrorless yang DIYKamera rekomendasikan untuk kawan-kawan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jelas, sebagai seorang pemula, kita harus terus mempelajari berbagai teknik atau skill agar dalam menggunakan kamera tersebut semakin baik. Semoga rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula tersebut dapat bermanfaat.