Tips Fotografi Human Interest

Tips Fotografi Human Interest – Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi pastinya sudah tak asing lagi dengan tips fotografi human interest. Nah, bagi pehobi fotografi pemula pastinya memerlukan pemahaman yang lebih mengenai teknik fotografi yang satu ini. Lalu apa sih fotografi human interest itu ? Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai fotografi human interest dan juga tips untuk memotret dengan teknik human interest tersebut, pada segmen ini DIY Kamera akan membahas mengenai tips fotografi human interest tersebut secara mendalam.

Tips Fotografi Human Interest

Fotografi human interest merupakan teknik fotografi yang menceritakan mengenai kisah manusia. Dalam hal ini, tentu yang menjadi objek utamanya adalah manusia. Melalui tips fotografi human interest tersebut, maka dapat ditampilkan kisah yang mungkin tak kan bisa diungkapkan dengan kata-kata atau dengan kata lain dapat dikatakan dengan istilah “ a picture is worth a thousand words “. Melalui foto human interest tersebut, maka diharapkan siapa pun yang melihat foto tersebut akan tergugah, bersimpati atau pun termotivasi dengan kisah yang terdapat dalam foto itu. Nah, untuk mendapatkan foto tersebut sebenarnya begitu mudah dengan menggunakan beberapa tips fotografi human interest yang DIYKamera jabarkan di bawah ini.

Tips Dan Trik Fotografi Human Interest

Tips Fotografi Human Interest

Untuk mendapatkan foto human interest dengan sempurna, maka kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Momen

Memotret dengan momen yang pas merupakan salah satu tips fotografi human interest yang tak bisa kamu lewatkan begitu saja. Momen dalam hal ini memiliki peran yang penting untuk menciptakan foto human interest yang luar biasa. Untuk mendapatkan momen tersebut, seperti yang telah DIY katakan di atas, kamu dapat melihat momen yang ada di sekeliling kamu dengan jeli. Kejelian pengamatanmu sangat berpengaruh untuk mendapatkan foto human interest yang bagus, oleh karenanya mulailah dari sekarang untuk melatih mata kamu untuk menangkap momen terbaik yang ada di sekelilingmu.

  1. Karakter

Komponen lainnya dari tips fotografi human interest yang turut menciptakan foto menjadi bernilai tinggi, yaitu salah satunya karakter. Karakter yang kuat juga berperan penting dalam hal ini, karena dengan adanya karakter yang kuat, maka tentunya latar cerita dapat terlihat tajam tanpa harus mengeksplor foto tersebut. Karakter yang kuat tersebut dapat kamu ciptakan dengan memilih background foto atau kondisi lingkungan yang pas.

  1. Natural

Tips fotografi human interest yang tak kalah penting lainnya untuk mendapatkan foto human interest yang berkualitas adalah foto tersebut harus bersifat natural atau alami. Jangan sampai kamu malah mengarahkan obyek untuk berpose karena jika kamu mengarahkannya maka fotomu jadi masuk kategori bukan foto human interest.

  1. Candid

Salah satu cara untuk mendapatkan foto yang natural, maka kamu dapat menggunakan teknik foto candid. Bidiklah obyek tanpa diketahui oleh obyek tersebut atau dengan kata lain “obyek tak sadar kamera”. Untuk memotret candid, sebaiknya gunakan lensa tele atau lensa dengan jarak focal yang jauh, misalnya 20 mm.

  1. Komposisi

Gunakan pula komposisi rule of thirds ketika memotret sebagai salah satu tips fotografi human interest, namun kompoisi ini tidaklah mutlak harus digunakan. Bagi kamu yang belum mengetahui komposisi rule of thirds tersebut, maka kamu dapat searching dan mempelajarinya mulai sekarang.

  1. Pahamai Peralatan yang Kamu Gunakan

Kuasilah pengoperasian perangkat yang akan kamu gunakan untuk membidik obyek. Jangan sampai momen menarik yang ada disekitar kamu terlewatkan karena kamu kebingungan mengatur ISO misalnya.

  1. Hargai Privasi Orang lain

Tujuan foto human interest adalah menggugah atau memotivasi, sehingga tips fotografi human interest yang sangat penting adalah jangan sampai ketika kamu membidik subyek, subyek tersebut menjadi terganggu privasinya. Sebisa mungkin hargailah privasi subyek tersebut meski kamu sulit mendapatkan angle yang pas.

Fotografer Human Interest Terkenal

Dengan beberapa tips fotografi human interest di atas, foto yang dihasilkan dari jepretan tentu akan terlihat lebih bercerita. Di mana, seperti yang sudah di sampaikan di awal, jika jenis fotografi ini memang terbilang cukup sulit. Untuk itulah, untuk dapat menghasilkan foto human interest yang bagus tentu kawan-kawan perlu banyak belajar dan mempraktekan tips-tips fotografi human interest di atas.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps